Tuesday, July 12, 2011

Makanan Sehat untuk Ibu Hamil


Tingkat kecerdasan dan kesehatan bayi tergantung pada menu makanan yang dikonsumsi ibu selama kehamilan. Kebutuhan nutrisi untuk janin per trisemester biasanya memiliki perbedaan. Trisemester pertama dianggap sebagai masa penting pembentukan tulang belakang dan otak bayi. Pada trisemester tersebut, nutrisi yang diperlukan adalah asam folat dari Vitamin B yang dapat dijumpai pada beberapa jenis makanan seperti minyak ikan, sereal, strowberry, roti, dan bayam.
Pada trisemester kedua, tiga ratus kalori per hari dibutuhkan sebagai makanan untuk ibu hamil, tujuannya agar berat badan ibu dan bayi mencapai normal hingga masa kelahiran yaitu minimal di atas 2,5 kg. Asupan kalori tersebut dapat ditemui pada nasi, roti, kentang, sayur, sereal, buah, kacang-kacangan, dan beras merah.
Protein, kalsium, zat besi, vitamin, air, maupun garam merupakan nutrisi lain yang dibutuhkan agar bayi sehat sejak dalam kandungan. Kekurangan asupan kalsium akan menyebabkan bayi mengambil kalsium langsung dari tulang ibu dan menyebabkan ibu mudah terkena pengeroposan tulang. Oleh karena itu, ibu hamil sangat disarankan rajin mengkonsumsi susu, kacang-kacangan, tahu maupun brokoli agar kebutuhan kalsium terpenuhi. Sementara protein merupakan zat yang penting untuk pembentukan jaringan tubuh, zat ini dapat dijumpai pada telur, ayam, daging, susu, ikan, kedelai, tempe, tahu, dan roti.
Nutrisi untuk janin berupa zat besi berguna untuk pertumbuhan janin agar terhindar dari resiko cacat. Biasanya untuk memenuhi kebutuhan ini, dokter kandungan memberikan ibu hamil suplemen zat besi atau ibu hamil bisa langsung mendapatkannya dari beberapa jenis makanan seperti sayur-sayuran, hati, ikan, telur, ayam, udang, dan kedelai.
Agar tidak kekurangan air ketuban, sebaiknya ibu hamil mengkonsumsi minimal delapan gelas air putih per hari. Sementara garam dibutuhkan ibu hamil untuk mengatur air dalam aliran darah. Namun, ibu dengan tekanan darah tinggi disarankan tidak perlu mengkonsumsi garam. Dan terakhir kebutuhan ibu hamil adalah vitamin. Buah dan sayur-sayuran adalah makanan untuk ibu hamil yang sangat baik untuk memenuhi kekurangan asupan vitamin.

sumber : http://sekeluarga.com/keluarga/makanan-saat-hamil-adalah-pedoman-untuk-bayi-sehat/


Share/Bookmark

No comments:

Post a Comment